Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE DAN PAPAN FLANEL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA
SISWA SD N TINJOMOYO 02

Tugas Akhir DIII

PERBEDAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE DAN PAPAN FLANEL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SD N TINJOMOYO 02

XML

Pembelajaran kesehatan gigi dan mulut memegang peranan penting disekolah terutama untuk meningkatkan kesadaran para siswa dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dan merupakan tindakan pencegahan primer sebelum terjadinya penyakit gigi dan mulut. Pada pembelajaran kesehatan gigi diperlukan metode-metode yang dapat menarik perhatian dan menyenangkan. Metode pembelajaran yang dilakukan diantaranya adalah metode bermain puzzle dan papan flanel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan menyikat gigi dengan pembelajaran menggunakan metode bermain puzzle dan papan flanel.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pendekatan yang dilakukan yaitu cross sectional berupa rancangan penelitian adalah pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dan III SDN Tinjomoyo 02 Semarang yang dibagi menjadi 2 kelompok, dimana tiap kelompok terdiri dari 17 siswa. Analisa data dalam penelitian ini adalah menggunakan tabel tabulasi data baik untuk data sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan menyikat gigi responden setelah dilakukan pembelajaran metode bermain puzzle sebanyak 12 siswa (70%) berkriteria sedang dan pada pembelajaran metode papan flanel sebesar 13 siswa (76%) berkriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan metode bermain papan flanel mempunyai tingkat pengetahuan lebih tinggi dari pada puzzle. Sehingga disarankan pada petugas kesehatan gigi dalam proses menyampaikan pembelajaran dapat menggunakan metode bermain papan flanel karena mudah dipahami.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Irmanita Wiradona, S.SiT, M.Kes; drg. Iman Suparda, M.Kes
Pengarang
RACHMADHIKA RIZKI HANIF - Pengarang Utama
NIM
P1337425114085
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XI + 31 hlm.; Bibl.; Ilus.; 29 cm.
Dilihat sebanyak
365
Penerbit D III Keperawatan Gigi : .,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
081

Lampiran Berkas

Citation
RACHMADHIKA RIZKI HANIF. (2017).PERBEDAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE DAN PAPAN FLANEL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SD N TINJOMOYO 02().:D III Keperawatan Gigi

RACHMADHIKA RIZKI HANIF.PERBEDAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE DAN PAPAN FLANEL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SD N TINJOMOYO 02().:D III Keperawatan Gigi,2017.Tugas Akhir DIII

RACHMADHIKA RIZKI HANIF.PERBEDAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE DAN PAPAN FLANEL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SD N TINJOMOYO 02().:D III Keperawatan Gigi,2017.Tugas Akhir DIII

RACHMADHIKA RIZKI HANIF.PERBEDAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE DAN PAPAN FLANEL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SD N TINJOMOYO 02().:D III Keperawatan Gigi,2017.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen