Tugas Akhir DIII
POLA PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT WARGA SAMIN SUROSENTIKO KABUPATEN BLORA
XMLPerilaku memiliki peranan penting untuk mempengaruhi status kebersihan gigi dan mulut. Peran penting dalam perilaku adalah pengetahuan, sikap dan tindakan. Pengetahuan dan sikap merupakan hasil dari indra dan peran penting dari satu tindakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola perilaku (pengetahuan, sikap, dan tindakan) pemeliharaan gigi dan mulut terhadap status kebersihan gigi dan mulut (OHI-S) Warga Samin Surosentiko Kabupaten Blora.
Rancangan atau jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Warga Samin Surosentiko Kabupaten Blora. Populasi penelitian adalah 180 orang. Sampel penelitian 36 orang warga Samin Surosentiko dengan diambil mengunakan teknik purposive sampling. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan tabulasi silang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan pola perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut terhadap status kebersihan gigi dan mulut adalah kriteria buruk (41,7%). Kesimpulan yang didapat bahwa Warga Samin Surosentiko Kabupaten Blora memilki pola perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut rendah dan status kebersihan gigi dan mulut yang buruk.
Peran Dinas Kesehatan Kabupaten Blora sangat diperlukan yaitu mengoptimalkan promosi kesehatan gigi dan mulut untuk membentuk pola perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan melakukan pemeriksaan secara rutin 3-6 bulan sekali ke pelayanan kesehatan agar terhindar dai gangguan kesehatan gigi dan mulut.
Kata Kunci : P
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Betty Saptiwi,;Irma Haida Yuliana Siregar.
|
---|---|
Pengarang |
DIAN PURWITA SARI - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425114036
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
8 Hlm,;Biblio,;Illus,;29 Cm
|
Dilihat sebanyak |
404
|
Penerbit | Poltekkes Kemekes Semarang : Semarang., 2017 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |